NONTON TV DULU

SABAR SEKEDAP NGGEH.

Rabu, 14 Desember 2011

Membuat Efek Gitar Sendiri

Sudah 6 tahun (terhitung dari masuk kuliah mpek lulus) aku jadi manusia Teknik Elektro, tapi baru kemaren sukses ngrakit rangkaian elktronika, weh sueneng banget, soalnya, aku bidang studi komputer, bukan elka, jadi wajar klo gitu aja sueneng (wekekekeke...pembelaan sepihak).

Kemaren bikin efek gitar yang dari dulu aku idam2in, aku nyari rangkaian ini dah dari kapan taon, tapi dulu smepet bikin dan ga bisa bunyi, sampek aku konsul sama kakek ayik juga buat nyari masalah ga bunyinya dimn, tapi ya gitu Ayik, bisa bunyiin, tapi ga mau kasih tau yang mana yang harus dibenerin.

Tapi akhirnya kemaren, termotivasi karena ga ada kerjaan, maklum pengangguran, dan semangat dari jemblung, akhirnya belanja2 sendiri, abis 22 ribu rupiah, itupun bisa dibikin 2 buah efek, soalnya semua komponen aku beli 2 kali kepbutuhan, takut ada masalah, daripada bolak-balik ke mulyosari.

Rangkaian efek dasarnya seperti ini.
Aku dapet rangkaian ini dari http://users.sa.chariot.net.au/~gmarts/ampovdrv.htm tapi aku rubah bebrapa bagian, capasitor input 0.001uF aku rubah dengan 0.003uF,biar noisenya ga terlalu besar sama capasitor disebelah rangkaian aray dioda aku ganti dengan kapasitor 0.047uF, biar sustain nya tambah panjang.

Belakangan baru aku tau klo rangkaian dari GMArts ternyata emang sudah dikenal banyak orang, dan memang sudah terbukti hasilnya memuaskan.

Untuk kemudian, aku rencananya mo bikin tone controlnya , pengennya sih 3 channel aja, bass, mid, ma treble aja cukup, biar bisa mirip metal zone. Tar di seri ma efek yang sebelumnya.

Rangkaian ini dah lumayan koq suaranya, low noise, dan distortionnya dah cocok buat heavy metal sama hip metal, buat solo juga keren. Seneng lah pokoknya.

Ni snap shot dari karyaku, maaf klo ga solderannya kriting, dan amburadul, maklum, amatiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar